Ini Dia teory animasi ^_^
check it out !!
BAB I
PENDAHULUAN
A. PENDAHULUAN
B. TUJUAN
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah : Tujuan subjektif,
yaitu untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Animasi I yang diampu
oleh Dosen yang bersangkutan, yaitu Bapak Dicke JSH Siregar, M.Kom.
Tujuan Objektif :
1. Untuk mengetahui tentang Storyboard;
2. Untuk mengetahui tentang Sinopsis;
3. Untuk mengetahui tentang Storyline;
4. Untuk mengetahui macam-macam Software yang digunakan untuk membuat Animasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. ANIMASI
Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian
rupasehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada
gambar yangditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan
yang dideteksi secaravisual oleh mata penonton sehingga tidak harus
perubahan yang terjadi merupakanperubahan posisi sebagai makna dari
istilah 'gerakan'. Perubahan seperti perubahanwarna pun dapat dikatakan
sebuah animasi.
1. Storyboard
Storyboard adalah jalan lain untuk menjelajahi kemungkinan narasi atau untuk melatih sebuah penampilan.
Pada umumnya, pada pembuatan film, buku komik dan animasi, sebuah skrip
dikembangkan sebelum storyboard dibuat. Penerangan cerita tidak selalu
memerlukan skrip yang selesai untuk mengambil keuntungan dalam proses
storyboard.
Namun kita harus memiliki cerita dan cerita terebut memiliki konsep yang
kuat. Storyboard yang baik dapat membantu kita memahami sebuah cerita
yang tidak biasa atau memfasilitasi perkembangan cerita aslinya.
Sebuah storyboard adalah sebuah seri dari gambar yang bersambung, dengan
atau tanpa kata, yang memberitahukan sebuah cerita yang berkelanjutan.
Seni dan lembar storyboard tersedia di toko kebutuhan seni, tetapi
kita juga dapat membuatnya sendiri.
Cukup gambar satu seri kotak pada sebuah kertas tulis horizontal. Beri
sedikit ruang dibawah setiap kotak untuk kata-kata. Kita dapat
membuatnya langsung dengan bolpoin atau bisa juga menggunakan komputer.
Setelah kita memiliki contoh desainnya, cetak atau perbanyak beberapa
lembar untuk digunakan. Sekarang kita bisa mulai membuat tipe game
dengan storyboard di bawah ini.Storyboard adalah sketsa gambar yang
disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat
menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah,
karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar
yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita
kita.
Salah satu tahapan penting dalam produksi film adalah membuat
storyboard, setelah sutradara dan pengarah fotografi membahas sebuah
adegan mereka kemudian bertemu dengan artis storyboard untuk
menterjemahkan gagasan mereka dalam gambar. Disitu terbentuklah
rancangan-rancangan shooting, dan ketika dirasa ada sesuatau yang kurang
pas atau ada kendala-kendala dalam pengambilan gambar nantinya segera
dapat dilakukan revisi.
Dengan mengacu pada rencana shooting dalam storyboard para pemain dan
krue dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat dan
tepat. Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari
adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera.
Contoh Story board Penculik
2. Sinopsis
Sinopsis adalah suatu ringkasan cerita yang menceritakan garis besar cerita yang akan di tampilkan.
Contoh Sinopsis Doraemon
Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Ia adalah sebuah robot gagal
yang dilelang kepada sebuah keluarga miskin yang terlilit utang, yang
tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon pernah
menjalani masa-masa berat: Ia hanya menjadi penjaga bayi setelah gagal
melewati ujian di akademi robot, kedua telinganya hancur setelah digigit
robot tikus, catnya luntur akibat ulahnya sendiri, dan masih banyak
kisah sedih yang ia lalui pada tahun pertama sejak kelahirannya. Sampai
suatu ketika, keluarganya mengirimkan ia kembali ke masa lalu,
kira-kira 250 tahun yang lalu, zaman dimana Nobita Nobi, leluhur
keluarga ini, masih hidup di Tokyo.
Misi Doraemon adalah untuk menolong Nobi Nobita (buyut dari Sewashi yang
memiliki Doraemon). Nobita adalah seorang anak yang selalu mengalami
nasib sial dan tak punya kemampuan apa-apa. Ia bodoh dalam pelajaran
sekolah dan tidak bisa berolahraga, Nobita hanya berbakat dalam
tembak-menembak,bermain karet, dan tidur; kemampuan yang hampir tak
berguna di zaman Jepang modern. Inilah alasan mengapa ia gagal menjalani
kehidupannya. Dan Doraemon dikirim dari masa depan untuk menjadikannya
seorang pria yang sukses. Sangat ironis, sebuah robot gagal datang
membantu seorang anak yang gagal. Tetapi pada kenyataannya, persahabatan
kedua anak ini membuat mereka menjadi seseorang yang lebih baik.
Doraemon tiba di tahun 1969, pada hari Tahun Baru Jepang. Ia keluar dari
laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita,
misinya adalah untuk mencegah Nobita menjadi orang gagal. Setiap kali
Nobita tertimpa masalah, Doraemon akan segera membantu dengan alat-alat
ajaibnya.
Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena ketika mereka menjelajah ke
masa depan, Nobita melihat dirinya menikah dengan Shizuka, bukan dengan
Jaiko. Dia juga melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih
baik daripada ketika Sewashi mengirim Doraemon dulu; bahkan keturunan
Nobi mampu membeli robot yang “tidak gagal”, Dorami.
Diceritakan dalam manga dan anime, Doraemon dan Nobita saling bekerja
sama untuk memperbaiki kehidupan mereka masing-masing. Mereka saling
bekerja sama dan tolong-menolong. Banyak juga cerita yang menampilkan
kisah keberanian dan kegigihan mereka untuk mempertahankan persahabatan
yang sudah mereka jalin.
Akhir Cerita
Sejak tahun 1980-an, banyak sekali bermunculan cerita dan spekulasi tentang akhir kisah Doraemon.
• Kisah pertama dan paling optimistik dipublikasikan oleh Nobuo Satu
beberapa tahun yang lalu. Diceritakan suatu hari, Nobita pulang ke
rumah dan merengek-rengek mengadu ke Doraemon. Tapi tak lama, ia
menyadari ada sesuatu yang salah dengan Doraemon; robot kesayangannya
itu hanya diam dan tak menjawab keluhannya. Ia pun segera menelepon
Dorami, adik Doraemon, dan meminta petunjuk darinya. Dorami kemudian
memberi tahu bahwa baterai milik Doraemon habis. Lebih jauh lagi,
Dorami menjelaskan bahwa robot kucing versi lama seperti Doraemon
seharusnya memiliki cadangan bateraipendukung memori di bagian telinga,
tetapi karena Doraemon telah kehilangan telinganya, ia tidak memiliki
tenaga cadangan untuk menyimpan memori dan ingatannya. Satu-satunya
cara untuk menghidupkan kembali Doraemon adalah dengan mengganti
baterainya, namun itu berarti Doraemon akan kehilangan seluruh ingatan
tentang diri dan kawan-kawannya; termasuk tentang Nobita.Disaat
bersamaan, polisi-waktu membuat peraturan baru dan melarang adanya
“perjalanan waktu” dan menghalangi Nobita yang berusaha membawa
Doraemon untuk diperbaiki pada masa depan. Dorami kemudian memberikan
pilihan: nekat menerobos polisi-waktu, memperbaiki Doraemon pada masa
depan dan menghapus ingatannya atau menunggu seseorang dari masa depan
datang dan memperbaiki Doraemon; Nobita memilih cara kedua. Nobita yang
sangat kehilangan Doraemon kemudian berjanji untuk belajar keras demi
Doraemon. Usaha Nobita berhasil, tiga tahun kemudian Nobita lulus SMA
dengan nilai terbaik dan menjadi seseorang yang sangat populer di
sekolahnya. Meskipun demikian, sifat Nobita yang ceria dan optimistik
hilang, ia menjadi seorang kutubuku yang selalu menyendiri. Dua puluh
sembilan tahun kemudian, diceritakan Dekisugi yang telah menjadi
presiden Jepang, mengadakan reuni dengan Suneo dan Jaian. Ketiganya
membahas mengenai masalah tentang “hilangnya” Doraemon dan tentang Time
Paradox; sebuah teori yang menjelaskan bahwa sejarah dunia dapat
berubah dengan diciptakannya mesin waktu. dan dari percakapan itulah
terpapar alasan kenapa patroli waktu tak memberikan izin nobita untuk
memperbaiki Doraemon pada masa depan, karena Nobita itu sendiri yang
menciptakan Doraemon. Setelah diperbaiki, doraemon menjadi mempunyai
telinga dan berwarna kuning, dipeluknya erat-erat Doraemon. Dan mereka
hidup bahagia selamanya.
• Yang kedua, akhir yang lebih pesimistik mengusulkan bahwa Nobita
menderita autisme dan semua karakter yang ada (termasuk Doraemon)
hanyalah karakter fiksi dalam imajinasinya saja. Gagasan bahwa Nobita
yang sakit dan sekarat membayangkan semua seri di tempat tidurnya untuk
membantunya menghilangkan depresi dan rasa sakitnya membuat marah
banyak fans. Banyak fans di Jepang protes di luar kantor utama penerbit
dari seri setelah mengetahui tentang hal ini. Penerbit akhirnya
mengeluarkan pernyataan publik bahwa hal ini tidak benar.
• Yang ketiga berisi bahwa Nobita jatuh dan kepalanya terbentur batu.
Ia mengalami koma. Untuk mendapatkan uang operasi agar Nobita selamat,
Doraemon menjual seluruh peralatannya di kantong ajaibnya. Sayangnya,
operasi tersebut gagal. Doraemon menjual semua peralatannya kecuali
satu alat yang ia gunakan untuk memperbolehkan Nobita pergi kemanapun
ia mau. Pada akhirnya, Nobita ingin pergi ke surga.
Semua kemungkinan ini didiskusikan dan diputuskan tidak ada akhir untuk kisah Doraemon.
Terdapat tiga akhir yang resmi untuk kisah Doraemon yang dibuat.
Doraemon tidak dilanjutkan di dua media karena pembaca semakin besar dan
akhir dari kisah ini dipercaya dibutuhkan.
• Pada bulan Maret tahun 1971, di majalah Shogaku 4-nensei: Karena
fakta bahwa pengunjung dari masa depan menyebabkan masalah, pemerintah
pada abad ke-22 melarang adanya perjalanan waktu, berarti Doraemon harus
kembali ke waktunya di zamannya dan meninggalkan Nobita.
• Pada bulan Maret tahun 1972, isi dari majalah Shogaku 4-nensei:
Doraemon, untuk beberapa alasan harus kembali ke masa depan dan
berbohong untuk masalah mekanik sehingga Nobita memperbolehkannya pergi.
Nobita mempercayainya dan berjanji untuk menunggu sampai Doraemon
sembuh. Menyadari bahwa Nobita dapat merelakan kepergiannya, Doraemon
memberitahu yang sebenarnya dan Nobita menerimanya. Doraemon kembali ke
masa depan.
Akhir dari Doraemon yang ketiga merupakan akhir resmi karena rating TV
yang rendah dan Fujiko Fujio sibuk dengan pekerjaan lainnya, tetapi
Doraemon tidak meninggalkan pikiran mereka dan mengulang kembali untuk
isu bulan depan. Pada tahun 1981, episode ini dibuat menjadi anime
(disebut “Doraemon Comes Back”), dan pada tahun 1998, film ini dirilis
sebagai film anime.
• Pada bulan Maret tahun 1973, isi dari majalah Shogaku 4-nensei,
Nobita kembali kerumah setelah kalah bertempur melawan Jaian. Doraemon
lalu menjelaskan bahwa ia harus kembali. Nobita mencoba untuk
menghalangi hal ini, tetapi setelah mendiskusikannya dengan orang
tuanya, ia menerima kepergian Doraemon. Mereka melakukan perjalanan
terakhir di taman. Setelah mereka berpisah, Nobita menemui Jaian dan
kembali bertempur. Setelah pertarungan yang lama dengan Nobita mencoba
untuk menang sehingga Doraemon dapat pergi tanpa khawatir, Jaian
membiarkan Nobita menang karena Nobita tidak menyerah. Doraemon
menemukan Nobita pingsan dan membawanya pulang. Ia duduk disebelah
Nobita yang tidur dan setelah itu, Doraemon kembali ke masa depan.
(cerita ini dapat ditemukan di bagian terakhir komik Doraemon nomor 6)
• Versi animasi mirip tetapi lebih panjang. Pada saat hari April Mop,
Nobita ditipu oleh Suneo dan Jaian yang menipunya tentang kembalinya
Doraemon. Ia dengan senang pulang dan menanyakan kepada ibunya dimana
Doraemon dan ternyata ia tahu bahwa ia ditipu. Nobita sedih dan membuka
kotak dari Doraemon. Isinya adalah botol liquid. Ia mendengarkan suara
Doraemon yang menjelaskan bahwa cairan tersebut disebut Uso 800 (Bohong
800) yang digunakan agar semua hal yang tidak benar yang diucapkan
orang yang minum cairan tersebut sebagai hal yang benar. Nobita
menggunakannya untuk menipu Jaian dan Suneo, seperti ia mengatakan cuaca
hari ini sangat bagus, yang menjadi bohong dan mulai turun hujan deras
sebelum ia mengatakan hari ini hujannya deras dan hujan tersebut
berhenti. Jaian dan Suneo takut setelah beberapa trik dan ketika Nobita
mengatakan apa yang akan terjadi. Nobita sangat gembira pada awalnya,
tetapi segera hilang karena kangen akan Doraemon. Ia pulang, dan ibunya
mengatakan Doraemon sudah pulang, ia tetapi tidak yakin dan yakin
Doraemon tidak akan pernah kembali, seperti yang dikatakan Doraemon
terhadap Nobita sebelum ia pergi. Cairan tersebut masih berfungsi,
ketika ia sampai di kamarnya ia menemukan Doraemon, dan mereka gembira,
tetapi karena pengaruh dari cairan, semua kata-katanya berubah menjadi
Aku sangat tidak senang bahwa kita dapat kembali lagi.
• Bagian ekstra dari animasi ini berasal dari buku komik Doraemon nomor tujuh.
Ketika duo Fujiko Fujio berpisah pada tahun 1987, ide akan akhir
Doraemon yang tidak resmi tidak pernah didiskusikan. Sejak Fujiko F.
meninggal tahun 1996sebelum pilihan apapun tercapai, akhir dari Doraemon
adalah fiksi para fans, tetapi, pada banyak episode dan film ketika
Nobita melakukan perjalanan waktu menampilkan akhirnya ia menikahi
Shizuka, memimpin menuju kehidupan yang bahagia dan terpisah dari
Doraemon, walaupun Nobita dan temannya masih ingat dengannya.
B. MACAM-MACAM SOFTWARE ANIMASI
1. Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah program yang sedang populer sekarang ini untuk
membuat dan memanipulasi grafik dan animasi. Sekarang namanya adalah
Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Flash. Software
ini adalah salah satu program yang paling umum digunakan untuk membuat
halaman web animasi, video player dan aplikasi audio streaming. File
flash berekstensi .SWF atau Shockwave Flash, meskipun banyak jenis file
lainnya yang dapat dilihat atau dimanipulasi dengan software ini.
2. AnimPixels
AnimPixels adalah perangkat lunak film animasi khusus dalam Isometric
Pixel Art.. Menggunakan komponen film anda sendiri, atau download dari
web, untuk membuat film animasi asli.
3. Easy GIF Animator 5 Pro
Easy GIF Animator 5 pro adalah software kuat namun sangat mudah untuk
membuat dan mengedit gambar GIF animasi. Dengan animasi GIF editor sobat
dapat dengan mudah membuat gambar animasi, banner dan tombol dalam
waktu singkat. Sobat dapat menggunakan fitur-fitur khusus untuk
menambahkan efek visual yang menakjubkan dan mempersiapkannya untuk
dipublikasikan pada halaman web sobat. Easy GIF Animator 5 pro mendukung
semua jenis animasi GIF dan menyediakan kompresi tinggi dan kualitas
yang hebat untuk gambar GIF animasi. Untuk melengkapi semua ini, Easy
GIF Animator 5 pro adalah yang terbaik sebagai animasi GIF editor saat
ini.
4. Alligator Flash Designer
Alligator Flash Designer adalah software animasi vektor berbasis snap.
Menghasilkan grafik animasi kompleks dengan gambar, bentuk dan teks,
menggunakan lebih dari 130 built-in efek animasi seperti Fade, Zoom,
Putar, Fly dan banyak lagi. Ekspor Desainer Flash SWF file dalam format
Macromedia Flash, dan kode HTML yang diperlukan untuk mengintegrasikan
animasi dengan halaman Web Anda. Ini juga menawarkan perangkat
pengeditan dasar untuk memodifikasi gambar apapun, mengubah ukurannya,
menambahkan objek dll. dengan software ini kita lebih mudah untuk
membuat animasi pada web dan banner.
5. Adobe After Effects CS4
Adobe After Effects CS4 efek visual yang sangat baik dan perangkat lunak
animasi menarik. Bekerja dengan peralatan canggih dan integrasi yang
erat dengan aplikasi desain terkemuka saat Anda memberikan bekerja untuk
hampir semua jenis media. Membuat dari awal atau memulai proyek dari
ratusan preset disesuaikan dan template, semua dari dalam
streamlineantarmuka.
6. Photoshop CS4
Photoshop CS4 setidaknya 60% dari semua animasi pada fg-a.com
diorganisir, ukuran dan dioptimalkan menggunakan Photoshop CS. Adobe
benchmark untuk grafis dan perangkat lunak animasi.
7. Flash CS4
Flash CS4 untuk merancang konten interaktif untuk digital, animasi web,
dan platform mobile. Buat situs web interaktif, media yang kaya iklan,
media pembelajaran, presentasi dan permainan perangkat lunak grafis
animasi.
8. CoffeeCup GIF Animator
CoffeeCup GIF Animator membuat animasi untuk halaman web Anda dengan
mudah. CoffeeCup GIF Animator dapat mengkonversi grafis JPEG dan BMP GIF
secara otomatis, serta impor dan ekspor file AVI.
9. Ulead GIF Animator 5
Ulead GIF Animator 5 perangkat lunak animasi kuat dan terjangkau. Mudah
membuat animasi cepat-loading untuk situs web Anda dan presentasi
PowerPoint.
10. Corner-A ArtStudio
Corner-A ArtStudio adalah perangkat lunak animasi yang powerful yang
dapat membawa hidup keluar dari gambar statis membosankan. ArtStudio
memiliki banyak filter built-in, memiliki dukungan akselerasi hardware,
kemungkinan ekspor ke berbagai format dan antarmuka yang sederhana.
Anda tidak perlu menjadi seorang seniman atau desainer untuk
menggunakan ArtStudio.
Storyline adalah :
sebuah naskah cerita dalam bentuk teks. Merancang naskah merupakan
spesifikasi lengkap dari teks dan narasi dalam aplikasi multimedia.
Dalam merancang naskah, analis menetapkan dialog dan urutan
elemen-elemen secara rinci.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi. Yang
pertama adalah storyline, kemudian storyboard dan synopsis. Hal ini
dimaksudkan untuk mempermudah dalam pembuatan ide cerita dan juga
karakter-karakter tokoh yang akan dibuat.
Selain hal di atas, perlu juga software yang dapat mendukung dalam
pembuatan animasi. Sehingga hasil yang dicapai lebih memenuhi keinginan
atau dengan kata lain lebih mudah dalam pembuatan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar